Foreword

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Datang di Website Resmi Madrasah Tsanawiyah  Al Khairiyah 

Mampang Prapatan Jakarta Selatan

Alhamdulillah segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang Maha Pengasih tak pernah pilih kasih dan Maha Penyayang sayangNya tak terbilang, atas berkat rahmat dan karunia-Nya, akhirnya website MTs. Al Khairiyah dapat kami perbaharui dengan domain https://mts-alkhairiyahjkt.sch.id/.

Shalawat dan salam senantiasa terlimpah curahkan kepada junjungan baginda Rasulullah Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya. Perkembangan era revolusi industri 4.0 (era digital) dan pesatnya kemajuan teknologi dan informasi saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan sebuah website untuk dunia pendidikan khususnya madrasah sangatlah penting. Media website sangat penting dalam upaya mengedepankan prinsip transparansi informasi dan perkembangan terkini madrasah.

Masyarakat akan dengan sangat mudah mengakses berbagai informasi yang memang harus diketahui oleh setiap shareholder dan stakeholder secara riil. Website dapat menjadi ajang promosi madrasah yang cukup efektif. Berbagai kegiatan dan progres madrasah dapat disampaikan secara faktual dan aktual sehingga masyarakat dapat mengetahui kegiatan dan prestasi-prestasi yang telah berhasil diraih oleh MTs. Al Khairiyah.


Sebagai media pembelajaran, website madrasah juga dapat dimanfaatkan untuk memuat artikel dan e-learning yang dibuat oleh pendidik dan tenaga kependidikan. Berbagai artikel tentang pembelajaran atau materi penting mata pelajaran yang terkait dengan kegiatan pembelajaran di kelas dapat dipublikasikan melalui website. Dan dengan e-learning guru dapat memberikan tugas mandiri kepada peserta didik sehingga akan menunjang sarana kegiatan pembelajaran dengan berbasis Teknologi dan Informasi.


Selain itu, website juga dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi antara madrasah dengan para alumni. Bahkan alumni dapat memanfaatkan website madrasah untuk koordinasi dan konsolidasi, sehingga terbentuk ikatan alumni yang semakin solid. Kami menyadari bahwa alumni merupakan salah satu potensi yang apabila digali dan dikelola dengan baik dan benar akan mampu memberikan kontribusi yang sangat besar dan positif kepada madrasah. Oleh karena itu, saya sangat berharap, melalui website ini, himpunan alumni MTs. Al Khairiyah semakin kuat dan dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kemajuan madrasah tercinta ini.

Kehadiran website juga dijadikan sebagai media koordinasi dengan unsur komite madrasah. Kerjasama dan komunikasi intensif madrasah dengan unsur komite yang ikut andil besar menentukan kesuksesan madrasah dalam mewujudkan pendidikan yang maju untuk menuju Madrasah yang berkualitas dan berintegritas

Kami menyadari tentunya  kami  memiliki kekurangan atau kelemahan baik dalam bentuk tulisan  maupun  penyajian pada website MTs. Al Khairiyah ini, “ Tak ada gading yang tak retak ”.  Untuk itu, kami akan terus mengembangkan diri sehingga mutu dan kualitas dari tampilan serta konten-konten website kami semakin produktif. Kepada tim pengelola website madrasah diharapkan agar terus senantiasa mengembangkan website dengan semangat kreatifitas tinggi.

Terima kasih atas kerjasama semua pihak yang terlibat dalam pengembangan website ini khususnya kepada tim Pengelola website. Dengan prinsip transparan, faktual, dan aktual, pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al Khairiyah in syaa Allah akan jauh lebih baik dan lebih maju. Harapan kita semua madrasah semakin berkualitas dan sukses dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa Indonesia menuju Madrasah Maju, Bermutu dan Mendunia.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepala MTs. Al Khairiyah


ALFI RUSDIAWATI, S.Ag.

Mencetak generasi muda berilmu Amaliah, beramal Ilmiah


Kami berkomitmen untuk mencetak generasi muda yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas, tetapi juga mampu menerapkannya dengan penuh tanggung jawab. Nilai inti ini mendorong setiap individu untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan secara praktis, sehingga dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat. Kami percaya bahwa dengan mengedepankan kombinasi antara amaliah dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, generasi penerus akan mampu menghadapi tantangan global dengan integritas dan tanggung jawab. Melalui pendidikan berkualitas dan pengabdian yang tulus, kami berupaya membangun masyarakat yang cerdas, etis, dan inovatif demi kemajuan bersama.


Visi


Beriman, bertaqwa, berakhlaqul karimah, bekerja keras,  unggul dalam prestasi dan berdaya guna.

Misi


  • Mewujudkan insan yang rajin beribadah kepada Allah SWT
  • Melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya.
  • Mewujudkan insan yang berakhlaqul karimah
  • Mewujudkan pendidikan yang mampu membangun insan yang unggul  dalam berprestasi dan kompetitif dengan sikap dan amaliah Islam sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  • Melatih peserta didik agar tekun belajar, tertib dan istiqomah
  • Menumbuhkan perilaku aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan dalam membina hubungan harmonis antar warga madrasah
  • Bekerjasama, tertib berbicara, tertib berpakaian,dan berpendapat
  • Menjadikan lembaga pendidikan yang mandiri, bertanggung jawab dan mengamalkan akhlaqul karimah
  • Membina sikap dan perilaku kehidupan yang sesuai dengan norma agama Islam.
  • Menciptakan keluarga beriman, bertaqwa, terampil, cerdas dan siap hidup dalam masyarakat

Strategi yang ditempuh Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan adalah dengan menerapkan suatu program prioritas. Program prioritas ini berfokus pada peningkatan mutu dan daya saing melalui empat pilar utama. Pertama, Madrasah Religi berkomitmen untuk memperkuat karakter siswa berdasarkan nilai-nilai keagamaan. Kedua, Madrasah Digital memanfaatkan teknologi untuk memperluas aksesibilitas pembelajaran. Ketiga, Madrasah Literasi berfokus pada pengembangan kemampuan membaca dan menulis, sedangkan Madrasah Ramah Anak menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan holistik anak. Melalui program-program ini, diharapkan siswa tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kokoh dan siap menghadapi tantangan di masa depan.


  • Madrasah Religi
  • Pembinaan Baca Tulis Al Qur’an dengan metode Qiroati
  • Pembinaan Hafalan Al – Qur’an
  • Salat Dhuha dan Dzuhur berjamaah
  • Madrasah Digital
  • Penggunaan Media Sosial dalam promosi
  • Raport Digital
  • Kegiatan Pembelajaran dengan media berbasis TIK
  • Ujian berbasis CBT
  • Madrasah Literasi
  • Pembiasaan membaca dan menulis yang dikemas dalam Literacy Class
  • Pembinaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang dikemas dalam kegiatan lomba pidato
  • Lomba karya tulis bagi guru maupun siswa
  • Madrasah Ramah Anak (MRA)
  • Memberi keteladanan
  • Memberi kesempatan anak untuk berpartisipasi dalam menyampaikan ide, pendapat, dan gagasan
  • Menghormati bahwa setiap anak adalah pribadi yang utuh, cerdas, dan unggul.
  • Menuntun tumbuh kembangnya potensi anak
  • Menuntun anak untuk menumbuhkembangkan potensi anak
  • Melindungi anak dari kekerasan, bencana, kecelakaan, keracunan, pelecehan seks, ideologi negati, diskriminasi dan perendahan martabat

Madrasah Tsanawiyah Al - Khairiyah mengacu pada struktur kurikulum pemerintah  permendikbud no 12 tahun 2024 tentang kurikulum Merdeka untuk mata Pelajaran umum dan untuk mata Pelajaran agama mengacu pada KMA no 450 tahun 2024 tentang Implementasi Kurikulum Pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan.  Dalam hal ini, sekolah mengacu pada konten kurikulum atau Struktur kurikulum yang sudah dikembangkan dan ditetapkan oleh pemerintah pusat dan kementerian agama pusat.


Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dirancang dengan tujuan agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam capaian pembelajaran. Intisari kegiatan pembelajaran intrakurikuler adalah bermain bermakna sebagai perwujudan “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”. MTs Al - Khairiyah Jakarta Selatan memilih kegiatan yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan dan bermakna bagi anak.

Struktur kurikulum MTs masuk dalam pembagian Fase D (kelas 7,8, dan 9). Madrasah Tsanawiyah Al - Khairiyah mengorganisasikan muatan pembelajaran menggunakan pendekatan mata pelajaran dan atau menggunakan pendekatan secara terintegrasi.

Mata Pelajaran

  • Pendidikan Agama Islam
    • Al Qur’an Hadis
    • Akidah Akhlak
    • Fikih
    • SKI
  • Bahasa Arab
  • Pendidikan Pancasila
  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • Ilmu Pengetahuan Alam
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Bahasa Inggris
  • PJOK
  • Informatika
  • Seni Musik
  • Qiroati
  • BK
  • P5

Kurikulum MTs Al-Khairiyah mengintegrasikan muatan lokal Seni Budaya dan Qiroati, MTs Al - Khairiyah Jakarta Selatan berusaha untuk menciptakan siswa yang berakhlak mulia, menguasai budaya lokal, memahami warisan keilmuan Islam, serta memiliki keterampilan menghafal dan memahami Al-Quran dengan baik.

Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 031/H/KR/2024 Tentang Kompetensi Dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema-tema P5 di Madrasah Tsanawiyah Al - Khairiyah sebagai berikut:

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatalil Aalamiin

  • Gaya Hidup Berkelanjutan

Peserta didik memahami potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitar, serta memiliki kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.

  • Kearifan Lokal

Peserta didik membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar.

  • Bhinneka Tunggal Ika

Peserta didik memahami dan mempromosikan budaya perdamaian, menjunjung kemanusiaan, dan anti kekerasan, belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya.

  • Bangunlah Jiwa dan Raganya

Peserta didik mengenali dan memahami bagaimana memelihara dan menjaga kesehatan fisik dan mental dengan merefleksikan pengenalan dan pengalaman diri maupun lingkungan.

  • Suara Demokrasi

Peserta didik menggunakan kemampuan berpikir sistem, menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila.

  • Kewirausahaan

Peserta didik menumbuhkembangkan kreativitas dan budaya kewirausahaan sebagai upaya pencarian solusi terkait aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat.

  • Rekayasa dan Teknologi

Peserta didik melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya.

Kegiatan pengembangan diri secara terprogram dilaksanakan dengan perencanaan khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual, kelompok dan atau klasikal melalui penyelenggaraan kegiatan sebagai berikut:

Sebagai sebuah lembaga pendidikan, MTs Al - Khairiyah Jakarta Selatan tentu menyediakan berbagai layanan bimbingan konseling untuk membantu perkembangan dan kesejahteraan siswa-siswa mereka. Berikut adalah empat layanan bimbingan konseling yang ditawarkan oleh MTs Al - Khairiyah:

  • Konseling Individual
Layanan konseling individual difokuskan pada pertemuan antara seorang konselor dengan siswa secara pribadi. Tujuan dari layanan ini adalah untuk membantu siswa mengatasi masalah pribadi, akademik, atau emosional yang sedang dihadapinya.
  • Konseling Kelompok:
Layanan konseling kelompok melibatkan beberapa siswa dalam sesi konseling yang dipandu oleh seorang konselor. Konseling kelompok ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan aman di mana siswa dapat berbagi pengalaman, belajar dari satu sama lain, dan mendukung satu sama lain.
  • Konseling Karir:
Layanan konseling karir bertujuan untuk membantu siswa dalam merencanakan dan memilih jalur karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan mereka. Konselor akan membantu siswa dalam mengidentifikasi minat dan kemampuan mereka, memberikan informasi tentang berbagai pilihan karir, dan membantu mereka dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dalam memasuki dunia kerja.
  • Konseling Orang Tua:
Layanan konseling orang tua melibatkan interaksi antara konselor dengan orang tua atau wali siswa. Tujuannya adalah untuk membantu orang tua memahami dan mendukung perkembangan anak mereka secara optimal.

Pembiasaan rutin di MTs Al - Khairiyah Jakarta Selatan merupakan bagian dari upaya madrasah untuk membentuk siswa-siswa yang berakhlakul karimah, beribadah dengan sungguh-sungguh, dan memiliki pemahaman agama yang baik. Beberapa kegiatan rutin yang dilakukan di sekolah tersebut antara lain

No.
Program
Pelaksanaan
Metode Pendekatan
1
Sholat Dhuha 
Setiap Hari 06:30 - 06:45
Terprogram
2
Tadarus
Setiap Hari 06:45 - 07:00
Terprogram
3
Qiro'ati
Setiap Hari
Terprogram
4
Sholat Berjama'ah
Dzuhur dan Ashar
Terprogram
5
Literasi
Setiap Senin
Terprogram
6
Upacara Bendera
2 Minggu Sekali
Terprogram
7
LDKS
1 Tahun Sekali
Terprogram